Senin, 02 Maret 2009

REVITALISASI PROMOSI KESEHATAN RUMAH SAKIT

PENGERTIAN PROMOSI KESEHATAN RUMAH SAKIT
Sebagaimana tercantum dalam keputusan Menteri Kesehatan Rumah Sakit omor 114/MENKES/SK/VII/2005 tentang Pedoman Pelaksanaan Promosi Kesehatan di daerah sebagai berikut:
  • Pasiendapat mandiri dalam mempercepat kesembuhan dan rehabilitasinya.
  • Klien dan kelompok-kelompok masyarakat dapat mandiri dalam meningkatkan kesehatan, mencegah masalah kesehatan, mengembangkan upaya kesehatan bersumber daya masyarakat (UKBM)
  • melalui pembelajaran dari, oleh dan bersama mereka, sesuai social budaya mereka dan didukung oleh kebijakan publik yang berwawasan kesehatan.
PERKEMBANGAN PROMOSI KESEHATAN RUMAH SAKIT
Promosi Kesehatan Rumah Sakit di Indonesia pada masa pelayanannya hanya menekankan pada aspek kuratif dan rehabilitatif saja, padahal keadaan ini menyebabkan rumah sakit menjadi sarana kesehatan yang elit dan terlepas dari sistim kesehatan dimana rumah sakit itu berada. contohnya antara lain Rumah Sakit hanya memberikan pelayanan individual yang sesaat tanpa memperhatikan dampak dari pelayanan tersebut terhadap kesehatan masyarakat dan rumah sakit ditinggalkan oleh masyarakat karena tidak memenuhi kebutuhan dan keinginan yang mereka harapkan.

Mencermati fakta di atas, maka perkembangan Promosi Kesehatan Rumah Sakit diarahkan pad hal-hal untuk merevitalisasi PKMRS karena kondisi saat ini terjadi kesimpangsiuran fungsi dan organisasi sehingga promosi kesehatan rumah sakit saat ini mati suri. Revitalisasi PKRS dilaksanakan kegiatan:
  • Penyuluhan kelompok di dalam rumah sakit: kegiatan ini memerlukan waktu dan keterampilan petugas untuk melaksanakan penyuluhan secara langsung dengan tatap muka dengan sasaran penyuluhan.
  • Penyuluhan keluar rumah sakit (hospita; without wall): penyuluhan ini bisa dilakukan dengan cara bermitra dengan institusi lain yang terkait.
Dari kehumasan Rumah Sakit diharapkan:
  • Tersebarnya info tentang seluk beluk rumah sakit (termasuk untuk membangun citra)
  • Dapat diketahuinya issue/umpan balik dari masyarakat
  • Dapat disampaikannya respon terhadap issue
Dilihat dai sisi marketing yang harus dilaksanakan adalah memasarkan produk Rumah Sakit sehingga masyarakat sekitarnya atau bahkan masyarakat yang tinggal jauh dari Rumah Sakit tersebut tahu akan produk Rumah Sakit dan mau berobta karena pelayanan yang memuaskan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar